Liputan Pelatihan Service Excellent dan Nilai-nilai Kementerian Keuangan

E…dayohe teka…

E…gelarno kloso…

E…klosone bedah…

E…Tambalen Jadah…

……………………….

 

 

Lagu dolanan masyarakat jawa ini dikupas tuntas oleh Master Jo alias Bapak Suprianto, Widya Iswara BDK Magelang. Dengan tepat sekali beliau menyampaikan lagu dolanan tadi menjadi sesuatu yang bernilai dikaitkan dengan layanan yang diberikan oleh suatu instansi.

Sebagaimana kita ketahui bersama, merubah mindset seseorang bukanlah pekerjaan yang mudah seperti membalik telapak tangan saja. Hal ini perlu proses yang berulang-ulang, dukungan dan komitmen dari semua pihak yang terlibat. Untuk itu, KPPN Magelang menggandeng Balai Diklat Kepemimpinan Magelang menyelenggarakan Internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan sekaligus pelatihan Service Excellent bagi seluruh pejabat dan pegawai KPPN Magelang.

Kegiatan ini diselenggarakan di Aula KPPN Magelang hari Selasa, 4 April 2016 mulai pukul 14.00 sampai dengan 16.00 WIB. Diawali sambutan  Kepala KPPN Magelang, Imam Subagyo, sekaligus beliau menyampaikan kembali mengenai internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan, budaya kerja kementerian keuangan, dan juga inisiatif Direktorat jenderal Perbendaharaan dalam rangka penerapan Konsep Go Green. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan dan harapan  maksud dari pelatihan service excellent  ini yaitu meningkatnya semangat dan kinerja layanan seluruh pejabat dan pegawai KPPN Magelang sehingga terjadi peningkatan mutu layanan kepada stakeholders.

Dalam paparannya Master Yo menyatakan bahwa, prinsip dasar dari Service Excellent secara sederhana adalah “Awali Dengan Senyum, Layani dengan Profesional, Akhiri Dengan Senyum”. Sedangkan dalam paparan selanjutnya narasumber mengupas filosofi dari lagu dolanan anak-anak yaitu Melayani dengan cepat, tepat dan akurat sesuai dengan harapan dan keinginan stakeholder

  • Memberikan Pelayanan dengan tepat.
  • Memberi bantuan dan pemecahan masalah.
  • Memberikan pelayanan dengan penuh penghargaan, merrespon dengan cepat, den menghormati posisi stakeholder.
  • Memberikan rasa nyaman serta kepuasan saat pelayanan berakhir.
  • Identifikasi tiap moment of truth yang dihadapi setiap hari
  • Demontrasikan respon positip terhadap kebutuhan stakeholder
  • Secara terus menerus memenuhi kebutuhan stakeholder dengan berpedoman aturan baku atau SOP
  • Kepedulian, perhatian, spontanitas dan pemulihan.

Dengan pelatihan ini, ke depan diharapkan pelayanan akan semakin baik lagi dan berorientasi kepada kepuasan pemangku kepentingan. Dengan dilandasi ketulusan, keikhlasan hati dan komitmen yang tinggi untuk tetap maju, mari kita aplikasikan  motto layanan KPPN Magelang yaitu ” KPPN Magelang melayani dengan sepenuh hati dan PASTI” Profesional, akuntabel, santun, tuntas dan ikhlas.

 

……………………………

E…Jadahe mambu….

E…Pakakno asu….

E…asune mati….

E…buangen kali…

E…kaline banjir…

E…kelekno pinggir….

 

 

 

 

 

Budisan

Updated: April 11, 2017 — 6:44 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box

© Copy Right KPPN Magelang Jalan Veteran Nomor 3 Magelang